Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menata Ruang Kelas Sekolah Dasar Agar Terlihat Indah


Cara Menata Ruang Kelas Sekolah Dasar Agar Terlihat Indah 

Ketika masuk  ke ruang kelas SD, seorang guru seharusnya sudah menyiapkan segala sesuatu yang membuat siswa betah dalam ruangan kelas karena sistem pengarsipan yang sangat mudah, dan tata ruang kelas yang sempurna.

Tetapi, seperti halnya setiap guru memiliki cara yang berbeda  dan setiap kelompok siswa berbeda, setiap kelas juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Mengorganisir ruang kelas dasar modern tidak selalu sesederhana yang kita pikirkan karena setiap anak berbeda-beda kadang meletakkan beberapa cetakan lucu di kotak sepatu plastik dan kadang meletakkan ke rak buku. 

Sebelum Anda kembali ke sekolah untuk sebaiknya mempersiapkan ruang kelas yang baik untuk memasuki tahun ajaran baru. Berikut cara menata ruang kelas sekolah dasar agar terlihat indah 

1. Perpustakaan Kelas


Perpustakaan kelas adalah hal yang harus dimiliki di setiap kelas. Perpustakaan kelas tidak hanya mendorong keaksaraan dan membaca untuk kesenangan, mereka juga menyediakan  tempat bagi siswa yang membutuhkan sedikit istirahat dari kelas tanpa meninggalkan kelas. 

  • Perpustakaan kelas harus terasa nyaman dan aman bagi siswa, dengan tempat duduk yang nyaman sehingga siswa dapat tetap fokus pada apa yang mereka baca. Beberapa guru menggabungkan tema yang berbeda untuk mendekorasi perpustakaan mereka, tetapi jika Anda merasa dekorasi perpustakaan kelas anda bisa menjadi perhatian siswa dengan cara pililah buku-buku komik atau buku dongeng. 
  • Gunakan karpet atau permadani yang lembut (tapi mudah dibersihkan) 
  • Letakkan beberapa bantal nyaman atau kursi mewah untuk membuat area lebih ramah pembaca.
  • usahakan untuk menempatkannya di tempat yang banyak cahaya alami, dengan rak diposisikan sehingga siswa dapat menelusuri buku tanpa menghalangi siswa lain dan tanpa merasa terburu-buru untuk memilih buku. Jika Anda tidak dapat menempatkan perpustakaan Anda di dekat jendela, sertakan beberapa lampu lantai atau meja di area tersebut sehingga kutu buku kecil Anda memiliki cahaya untuk membaca.

2. Ruang Belajar


Ruang  pembelajaran adalah tempat belajar siswa yang harus ditata dengan baik untuk meningkatkan semangat belajar dalam kelas Anda yang akan tempati selama berada di sekolah, dan mereka memberikan pengalaman belajar yang lebih langsung dan personal bagi siswa Anda. Tapi, mereka bisa dengan mudah menjadi sedikit berantakan. Ada sejuta cara berbeda untuk mengatur manipulatif, pelajaran, dan materi terkait pusat pembelajaran, jadi luangkan waktu untuk menemukan satu yang sesuai untuk Anda. 

3. Tempat duduk fleksibel 

Tempat duduk fleksibel  adalah salah satu tren di dalam kelas terbaru dan terpopuler. Semakin banyak pendidik mengurangi (atau, dalam beberapa kasus, menghilangkan) tempat duduk tradisional di kelas mereka untuk memberi ruang bagi kepada siswa utnuk memilih  tempat duduknya sendiri. Pilihan ini memungkinkan fokus yang lebih baik, dan lebih banyak aktivitas fisik selama berada diruang kelas. Selain itu, tata letak tempat duduk yang fleksibel dapat mendorong jenis fluiditas dan kemampuan beradaptasi yang dibutuhkan ruang kelas.

4. Dinding Kata



Pelajaran kosakata cenderung menimbulkan keluhan beberapa siswa. Dinding kata adalah fitur pokok dalam hal mengajar kosa kata di sekolah dasar. Untuk siswa SD yang lebih muda, cara yang bagus untuk mengubah dinding kata yang tadinya hanya biasa saja dengan cet yang polos menjadi aktivitas yang lebih menarik adalah meminta siswa menggambar gambar yang mewakili definisi literasi maupun Numerasi . Latih siswa bagaimana cara menggunakan dinding kata. Siswa Anda akan senang melihat kata dinding berubah dan berkembang, seiring berjalannya waktu dan Anda menambahkan lebih banyak kata.

5. Penyimpanan Perlengkapan Kelas

Menemukan penyimpanan untuk semua perlengkapan kelas, kertas, materi proyek, dan yang lainnya sering kali menjadi masalah sehari-hari. Ketika Anda merasa semua perlengkapan dan materi kelas Anda diambil alih, apa yang dapat  anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Ada banyak strategi yang dapat membantu. Berikut adalah beberapa:

  • Selalu ada lemari dan rak buku, tertata rapi dan diberi label. Jika Anda membutuhkan persediaan tambahan, periksa di sekitar sekolah Anda untuk melihat apakah ada sesuatu yang tidak terpakai yang dapat Anda memanfaatkannya.  Anda gunakan untuk ruang penyimpanan ekstra. 
  • Anda juga dapat mengikuti arah kursi yang selalu populer, yang dilengkapi penyimpanan internal. 

6. Sudut Tempat Penyimpanan Kreatif Siswa

Memiliki tempat di dalam yang dedikasikan untuk penyimpan hasil karya siswa. Anda bisa memasang meja atau rak di sudut untuk  memajang hasil kreatif siswa hal ini bisa menimbulkan semangat dan bangga terhadap hasil karya siswa. 

Perlu di Ingat bahwa Anda perlu menyediakan ruang terbuka bagi siswa untuk menjalani hari mereka, agar mereka lebih semangat belajar. dan paling terpenting ruang kelas selalu dalam keadaan bersih. 

Cara Menata Ruang Kelas Sekolah Dasar Agar Terlihat Indah 

Dengan ruangan yang indah dan bersih, siswa akan senang dan bersemangat  melakukan aktivitasnya setiap hari. 

Semoga sukses


1 komentar untuk "Cara Menata Ruang Kelas Sekolah Dasar Agar Terlihat Indah "